KUNJUNGAN INDUSTRI PG PAUD UNY 2015



TANAH LIAT BERMANFAAT

 

Gerabah merupakan unsur kebudayaan asli tanah Jawa yang perlu dilestarikan. Maka dari itu bidang HIMA yatu Pekan Kewirausahaan yang biasa disebut PEKA, mengadakan kunjungan industri pada hari Jumat, 10 April 2015 bertempat di Sanggar Gerabah Anton Arofah Kasongan. Acara ini diikuti oleh seluruh anggota HIMA PG PAUD. Kunjungan industri ini merupakan agenda tahunan dari bidang PEKA untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan bisa melestarikan kebudayaan tanah Jawa. 

Semua peserta berkumpul di kampus UPP II Bantul Yogyakarta pukul 08.00 WIB dan kemudian berangkat menuju kampung wisata Kasongan. Sesampainya di kampung wisata Kasongan di Sanggar Gerabah Anton Arofah, para peserta diarahkan membentuk 2 kelompok. Kelompok pertama memulai dengan mengecat gerabah yang telah disediakan oleh sanggar, ada yang berbentuk vas bunga, asbak, dan tempat pensil. Peserta memilih salah satu dari tiga bentuk itu untuk di cat. Kemudian, kelompok kedua memulai dengan membuat gerabah yang dicetak dari berbagai bentuk yang telah disediakan, seperti hewan, asbak, orang, miniatur rumah, dan lain-lain. Setiap peserta membentuk sesuai kreatifitas mereka. Setelah setiap kelompok selesai mengecat atau membuat gerabah kemudian mereka bergantian yaitu kelompok pertama membuat gerabah dan kelompok kedua mengecat gerabah yang disediakan. Ini bermanfaat, agar semua peserta merasakan mengecat dan membuat gerabah. Dengan acara kunjungan industri di sanggar gerabah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh anggota HIMA PG PAUD yaitu mereka dapat mengetahui cara membuat dan dapat melestarikan gerabah. Kemudian jika ada yang ingin berwirausaha dengan gerabah, mereka dapat mengetahui cara dan proses pembuatannya.

 










Setelah seluruh peserta selesai mengecat dan membuat gerabah, acara dilanjutkan dengan makan snack yang telah disediakan oleh panitia serta dilanjutkan foto bersama. Panitia kemudian memberikan kenang- kenangan kepada Sanggar Gerabah Anton Arofah Kasongan. Setelah itu para peserta pulang kembali ke kampus UPP II Bantul.




Kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar dan dapat mempererat persaudaraan antar anggota HIMA. Mereka dapat berwirausaha dengan bahan tanah liat sesuai kreativitas.



Sumber: Atikah (Bidang Pendidikan)

Comments