We Trip and Adventure At Bogor-Bandung



 
"Guru itu akan berhenti mengajar kalau dia juga berhenti belajar"-pak diki (kepala sekolah TK sekolah alam cikeas)-

Pada tanggal 28 JuLI 2017 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini telah melaksanakan Study Education di Bogor-Bandung tepatnya di Sekolah Alam  Cikeas. Kami bersama rombongan dengan Ibu Nelva Rolina, M.Si selaku dosen pendamping HIMA PG PAUD UNY.
Kami berangkat pukul 14.30 di Kampus UPP 2 Bantul kemudian  kami melakukkan perjalanan selama semalam dan kami transit  di  Masjid Az-Zikra pada tanggal 29 kemudian dilanjut ke Sekolah Alam Cikeas pada pukul 08.30 WIB. Sekolah Alam Cikeas ini memiliki satu atap dengan beberapa tingkata yaitu KB, TK, SD,SMP dan besok tahun 2018 akan membuka tingkat SMA.

Disana kami disambut hangat oleh ketua kepala sekolah TK Di Sekolah Alam Cikeas dengan kepala Divisi Sekolah Alam Cikeas yaitu Pak Diki dan Ibu Ana. Ibu Nelva memberi penghantar sedikit terkait dengan Kunjungan Edukasi ini ke sekolah ini. beliau mengatakan bahwa “karena kakak tingkat pernah ke sekolah ini dari angkatan ini ingin mencoba kesinini dengan rasa ingin tahu yang tinggi ingin mengetahui sekolah alam disini bagaimana dan bagaimana proses pembelajaran disini” begitu tuturnya.
Kemudian kami dipandu oleh pak Didi dan Bu Ana yang telah terbagi menjadi dua kelompok untuk menjelajah area Sekolah Alam ini. Dimulai dari bagunan yang di khususkan untuk bank sampah yang diwajibkan untuk anak-anak setiap minggunya membawa sampah. Sampah ini dimanfaatkan sekolah untuk membuat sebuah media pemb  dan pelajaran setelah tidak di pakai sampahnya di jual ke tukan pengepul kemudian ini menjadi tabungan anak yang selalu  menyetor sampah setiap minggunya. Kemudian dilanjutkan ke ruangan kelas yang bangunannya memiliki ciri khas seperti Saung layaknya rumah adat di papua seperti itu. Di dalam area ini banyak terdapat sudut-sudut tertentu yang telah disediakan alat untuk menangkap ular karena sekolah ini di alam banyak hewan berbisa.  Di luar rungan terdapat panggung/ podium stage out door, ini berfungsi sebagai  unjuk diri pada setiap hari Jum’at, jadi setiap Ju’at ada sebuah pensi baik guru ataupun murid, Sekolah Alam Cikeas memiliki fasilitas seperti lapangan, perpustakaan, peternakan, kebun, lab musik, ruangan kelas, panggung bersama, kantin, lab bank sampah, aula, serta ekstra kulikuler .
Setelah itu dalam setiap kelas ada dua guru yang mendampinginya kemudian untuk anak inklusi telah disediakan satu guru untuk membantunya. Setelah selesai tepat pukul 10.30 kami berpamitan dan melanjutkan ke pusat berbelanjaan di Ciamplas, karena dalam situasi tidak mendukung kami tidak memperoleh tempat parkir karena sudah penuh. oleh sebab itu atas pertimbangan dosen pembimbing kami, kita  memutuskan untuk menuju hotel saja.
Diwaktu senggang kami iisi dengan jalan-jalan sendiri karena hotel kami dengat dengan pusat perbelanjaan kota. Di pagi harinya kami melanjutkan untuk ke salah satu spot rekreasi yang sangan bagus yaitu Fram House sebagai sarana hiburan kami. setelah puas berjalan-jalan kami melanjutkan untuk kembali ke Jogja. tepat pukul 01.00 BIW bus kami telah sampai di Upp 2 Kampus Bantul.
Dengan adanya Studi Edukasi ini diharapkan kami memiliki ambahan pengetahuan yang luas, dapat mengaplikasikan ke lapangan dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran, dapat belajar dan menekuni setiap pekerjaan dengan rasa bersyukur.
 (bert-)

Comments