Kondisi PAUD di Indonesia dengan Berbagai Hambatan

Sumber: https://donasionline.id/bangunpaudtaruna Lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan lembaga yang berperan penting dalam mencetak generasi penerus bangsa. Lembaga PAUD mendidik anak usia dini agar menjadi anak yang cerdas den berkarakter. Pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap anak. PAUD merupakan lembaga pendidikan pertama anak sebelum masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD). Lembaga PAUD seharusnya memiliki kualitas yang baik yang mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan optimal. Sarana dan prasarana yang mendukung, kemampuan guru, serta masih banyak hal lainnya yang dapat menunjang keberhasilan sebuah lembaga PAUD. Akan tetapi, kenyataan di lapangan banyak hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Lembaga PAUD yang berada didaerah terpencil yang masyarakatnya memiliki tingkat ekonomi yang rendah, biasanya hanya ada PAUD ala kadarnya saja. Kesadaran orang tua yang memiliki anak pun terkadang masih rendah untuk menyekolahkan anaknya di PAUD. Namun adapula orang tua yang enggan menyekolahkan anaknya di PAUD karena PAUD didaerahnya tidak memenuhi standar PAUD yang seharusnya. Masih cukup banyak permasalahan yang ada di lembaga PAUD, terutama lembaga PAUD yang berada di daerah terpencil. Salah satu permasalahannya, yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung. Terkadang lembaga PAUD hanya menggunakan lahan kosong milik warga yang apa adanya dan tidak dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapula lembaga PAUD yang tidak memiliki toilet, padahal toilet menjadi salah satu fasilitas yang penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Selain itu, masih cukup banyak guru yang belum memahami kurikulum yang sedang berlaku sehingga guru masih bingung untuk menerapkan dan mengajarkannya kepada anak. Kebingungan yang dialami oleh guru tentu berdampak pada proses pembelajaran yang akhirnya tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Adanya pandemi covid-19 kemarin juga sempat membuat sektor pendidikan harus memutar otak untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring melalui gadget. Sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil biasanya tidak memiliki gadget canggih yang bisa dipakai untuk mendukung proses pembelajaran daring. Selain itu, penyebaran guru di setiap daerah masih belum merata sehingga memungkinkan kekurangan SDM pada sebuah lembaga PAUD yang mengakibatkan adanya rangkap jabatan. Rangkap jabatan sering terjadi diberbagai sektor, tak hanya pendidikan. Hal ini dikarenakan masih belum meratanya SDM di tiap daerah. Isu-isu yang telah dipaparkan diatas merupakan permasalahan yang terjadi di lembaga PAUD, terutama di lembaga PAUD yang berada di daerah terpencil. Peran pemerintah serta kesadaran masyarakat dapat menjadi sebuah pendorong untuk pemecahan masalah dari berbagai masalah-masalah yang telah ada. Lembaga PAUD sebagai lembaga pendidikan bagi anak usia dini sudah semestinya menjadi lembaga yang membuat anak nyaman dan aman serta dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Sumber: Rahmanita, U; Lestari, V. A.; dan Akbarjono A. 2021. Gambaran Isu dan Kebijakan Lembaga PAUD di TK Negeri Tapus Kabupaten Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 2021, Vol. 6 (2), 120-130. Data Penulis:
Nama : Nabila Alya Sudarsono NIM : 21111241018 Kelas : 3B

Comments