Matematika merupakan suatu proses keterampilan yang membantu anak dalam kehidupan atau lingkungannya sejak dini, tentunya anak memperoleh keterampilan tersebut secara bertahap bahkan bertahun-tahun untuk membangun pengetahuan dasar mereka, setiap anak memiliki tahapan dan perkembangan yang berbeda ke depan sesuai dengan tingkatannya ke tingkat yang lebih kompeten. Salah satu materi matematika yaitu berhitung. Menghitung adalah suatu kegiatan yang contoh melakukan perhitungan meliputi penjumlahan, pengurangan dan manipulasi angka dan simbol matematika lainnya, berhitung adalah keterampilan yang sangat penting bagi anak-anak yang perlu dikembangkan untuk membekali mereka di masa depan.
Faktor utama yang dapat memengaruhi perkembangan kemampuan berhitung pada anak yaitu lingkungan belajar. Anak membutuhkan lingkungan belajar untuk membentuk pemahaman konseptualnya. Lingkungan belajar dengan suasana yang menyenangkan dan beragam dapat membantu anak mudah memahami ajaran guru. Lingkungan belajar yang dapat diciptakan untuk anak usia 5-6 tahun terdiri dari permainan dimana anak memperoleh pengalaman nyata. Permainan dibuat dalam suasana yang menyenangkan dan tidak monoton, sehingga anak tidak bosan mengikuti proses pembelajaran.
Sehingga terciptalah metode pembelajaran berbasis permainan yang menyenangkan bagi AUD. Metode tersebut yaitu “Celengan Angka”. Celengan angka adalah media edukasi pada anak usia dini untuk mengenalkan konsep bilangan dan berhitung dari nomor 1 sampai nomor 10. Celengan bernomor digunakan sebagai alat untuk anak bermain dan belajar dimana anak memasukkan angka pada celengan kardus seolah ingin menabung, lalu si anak hitung dari 1 sampai 10. Presentasikan atau tampilkan pengenalan konsep angka saat bermain secara kelompok atau individu dengan memberikan tugas dan metode praktik langsung. Permainan ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas, yang penting suasananya menurut anak-anak lebih bervariasi dan menarik. Tujuan media pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan keterampilan matematika pada masa awal anak usia dini. Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat permainan ini berupa :
1. Kardus sepatu/ kardus sejenisnya yang ada tutupnya, (memanfaatkan barang bekas agar bermanfaat)
2. Cetak angka dan warna yang berbeda-beda. Tujuannya agar anak bisa mengenalkan angka sekaligus warna.
3. Setelah dicetak gunting/potong angka yang sudah dicetak lalu setiap sudut angkanya dilapisi dengan solasi agar aman saat dimainkan tidak ada sudut yang tajam.
3. Lubangi kardus untuk memasukan bendanya sesuai dengan ukuran yang di cetak
Celengan angka ini bermanfaat bagi berbagai aspek perkembangan anak karena permainan ini berkonsep bermain sambil belajar, seperti mengenal konsep dan lambang bilangan, berhitung sederhana, dan mengenalkan menabung pada anak. Anak-anak secara bertahap memperoleh kemampuan ini, dan bahkan pengetahuan dasar yang dikumpulkan oleh setiap anak selama bertahun-tahun, sesuai dengan tingkat sebelumnya dan tahap perkembangan yang berbeda, naik ke tingkat yang lebih tinggi, bahkan ada yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah. Pembelajaran matematika terjadi secara alami seperti anak bermain, mengenalkan angka pada media, dan digunakan untuk belajar konsep angka dan berhitung pada anak usia dini, dari angka 1 sampai 10. Celengan digunakan sebagai alat permainan dan pembelajaran bagi anak, anak memasukkan uang ke dalam celengan kardus, dan anak berhitung dari 1 sampai 10. Perkenalkan konsep angka dalam latihan kelompok atau individu.
Data Penulis :
Rachmalia Sinta A.P 22111241051
PG PAUD 1B
Sumber :
Referensi
Lianasari Widodoa, A. R. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELLAUI MEDIA CELENGAN ANGKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB TRISUNAR OKU. jurnal multidisipliner kapalamada.
Tubagus Rahman, N. K. (2021). PENERAPAN MEDIA BELAAJR TABUNG ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Journal Of EarlyChildhood Education .
Comments
Post a Comment