PG PAUD UNY GOES TO BALI

Green School

Pada tanggal 8-12 Februari 2015 mahasiswa PG PAUD UNY angkatan 2012 melaksanakan kunjungan ke Bali. Kegiatan ini diikuti oleh 95 mahasiswa dan 5 dosen pendamping yaitu Dr. Harun, Joko Pamungkas, M.Pd, Amir Syamsudin, M.Ag, Rina Wulandari, M.Pd dan Nur Cholimah, M.Pd. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi PG PAUD UNY untuk mahasiswa semester 6. Kunjungan ini dinamakan studi laboratori. Mahasiswa PG PAUD UNY angkatan 2012 mengadakan kunjungan studi laboratori ke sekolah bertaraf internasional Green School. Selain itu, mahasiswa juga studi laboratori sekaligus studi banding di PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). 

Pada hari pertama, kegiatan studi laboratori diawali dengan pemberangkatan dari kampus 3 UPP 2 UNY Jalan Bantul No.50. Rombongan sampai di Bali pada hari kedua. Agenda hari kedua yaitu mengunjungi sekolah bertaraf internasional Green School dan beberapa tempat wisata. Hari kedua rombongan dibagi menjadi dua kelompok, hal ini dikarenakan Green School hanya dapat menerima tamu 50 orang. Oleh karena itu, rombongan 1 melakukan kunjungan ke Green School dan rombongan 2 mengunjungi tempat wisata Tanjung Benoa, Pantai Pandawa, Kuta, Joger, serta Krisna. Saat berkunjung di Green School mahasiswa mendapat banyak pengetahuan mengenai keunikan bangunan Green School, sejarah, kebiasaan dan proses pembelajaran di Green School. Menurut penuturan guide, diketahui bahwa Green School didirikan pada tahun 2008 oleh seorang pebisnis bidang perhiasan bernama John Hardy. Berawal pada tahun 2008 dengan 98 murid dan bertambah setiap tahunnya hingga saat ini Green School memiliki 415 murid. Pada hari ketiga rombongan 2 melakukan kunjungan ke Green School dan rombongan 1 mengunjungi tempat wisata. 


Studi laboratori dilanjutkan dengan melaksanakan studi banding sekaligus silaturahmi ke PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Di UNDIKSHA, rombongan PG PAUD UNY diberi kesempatan untuk mengunjungi TK Laboratorium, sehingga dapat melihat secara langsung proses pembelajaran yang dilaksanakan di TK tersebut. TK Laboratorium UNDIKSHA menggunakan sistem yayasan. Dalam rangkaian kunjungan ke UNDHIKSA hal-hal lain yang disuguhkan antaralain yaitu: sejarah, profil, ruangan, dan situasi di kampus UNDIKSHA. Setelah rangkaian acara usai, rombongan UNY berpamitan dan langsung pulang menuju Yogyakarta tercinta.



Sumber: Ulfah dan Dyah (Bidang Pendidikan) 

Comments